follow me

Jumat, 10 Agustus 2012

Cerpen - Hidup Harus Berlanjut (Move on) versi Ketapang


Hidup Harus Berlanjut (MOVE ON!) versi Ketapang

Karya : Lorensius Alfian


Kriiinggg “Halloo..“

“Hallo, bise ngomong same Caca dak?”

“Hallo, ini Bobby, bise ngomong dengan Caca?”

 Klekkk! Tuttt tutt tuttt…..

            Pagi itu mendadak muka Caca kusut. Sinta teman akrab Caca saja sampai bingung ada apa gerangan.

“Nape Ca?“ tanya Sinta penasaran. “Ndak ngape…“ jawab Caca kesal “Yakin e? mandik dak e kau ni ?” tanya Sinta lagi. “Ape bah? Mandik lah ye!“ jawab Caca dengan muka kesal.“Ups sorry,soalnye muke kau kusut bah. Nape sih?“Sinta kembali bertanya. "Kau ni bah..! Bagus daripade kau ngurus egh aku,bagus kau kerjekan PR Pak Bowo nan.“ jawab Caca. “Hah?? Ade e bah?“ Sinta bingung. “Ade, halaman 204 bagian C dan D, essay semue nan, 15 menit agik masuk.“ jawab Caca sambil pergi meninggalkan Sinta.

            Caca berjalan melenggang melewati Sinta, sementara Sinta langsung berlari menuju kelas.
Teetttt tettt tettttttt, bel masuk berbunyi. Caca yang pagi – pagi sudah galau di kantin langsung menuju kelas. Di kelas dilihatnya muka Sinta menekuk kesal.

“Ca,tega kau ye….setengah mati aku mintak beri tau sidak,rupenye dak ade PR agh kate Donny,jahat kau ni!“ ujar Sinta yang kesal. “Nyan amb kau bah,pagi-pagi dah ngurus egh urusan orang.“ jawab Caca yang masih kesal atas kejadian tadi pagi. “Maak sorry ba,soalnye aku dak enak liat muke kau pagi-pagi dah kusut macam benang jak.“ Sinta meminta maaf.

“AKU AGIK GALAU.“ jawab Caca

“Hah??Labil kau nin.“ Sinta cengengesan.

“Hellooo Sin, wajar mah aku galau.Sepupuku jak yang dah tue masih gak galau. Usa sombong,macam ndak pernah galau gian amb .“ jawab Caca agak kesal. “Aok,Aok, sorry. Sensitiv gak ye. Galau nape kau? Bobby e?” tanya Sinta.
“Iye. Tadi pagi die nelpon. Susah Sin buat lupakan die,padahal die dah dak satu tempat gi sama aku, tetap mah masih sakit hati ingat die. Dengar suarenye ja bikin sakit ati Sin.“ jawab Caca.
 “Hmmm, kayaknye kau perlu ke psikolog kali Ca, masak kau masih belum bise lupakan orang yang udah nyakit ek kau, udah ninggal kan kau, dan yang pasti udah jauh dari kau. Ayolah Ca, itu kan dah setaun, masak sih kau dak bise lupa kan die.“ ujar Sinta. “Kau dak ngeti agh. Cobe kau diposisi aku pasti kau tau. Susah Sin.“ jawab Caca membelas nasehat Sinta.

“Hmmm, bukannye sok agh, tapi kau cantek, dan banyak yang suke same kau, masak sih kau mau dan masih menyia – nyiakan waktu yang kau punye cuman buat orang yang hanya sepintas di hidup kau. Ca, dengar amb, semue orang pasti pernah sakit hati, semue orang pasti pernah galau, tapi dak semue orang bise mengatasinye Ca. Masa depan ...”

“Udah amb bah, ngomong same kau pun cume gak amb.“ jawab Caca pesimis. “Ok Ca, kau cume butuh waktu.“ ujar Sinta.
 Caca kembali lagi fokus ke bukunya, dan menghentikan bisik – bisik dengan Sinta. Sementara Sinta pura – pura mendengarkan Pak Bowo yang sejak jam pertama tadi Sinta tidak mengerti membahas tentang apa. Beruntung hari ini Caca dan Sinta duduk di kursi paling belakang, jadi kecil kemungkinan ketahuan Pak Bowo kalo mereka lagi ngobrol bisik – bisik.

“Kalo dipikir – pikir Sinta benar gak amb. Masak aku mau galau terus. Tapi susah buat ngelupakan Bobby. Hmmm, nanti istirahat aku tanya Mia, kayaknye die lebih tau” Caca berpikir tentang perkataan Sinta. 

“Ca!!!!“

“Sinta!  bise dak sih usah teriak – teriak ?“

“hehe, kau ku panggil daritadi da nyaut“

“wai? Pak Bowo kemane Sin?“

“Bel istirahat udah daritadi amb cu, yum  ke kantin,lapar nin“

“ehhhmm, duluan amb,aku mau ke Mia lok“

“aok e? sekalian amb cuci muke, kusut nan...“

“Iye iye! Cerewet gak“

Sinta melenggang, sementara Caca langsung menuju ke kelasnya Mia.

“Bujur kate Sinta, kau harusnye mulai buka hati kau. Aku bingung, kerjaan kau setahun ini galau jak amb, kapan kau move on nye? Ingat Ca bentar gi kite ujian, lulus, kuliah, trus pisah amb. Masak kau mau terus – terusan jomblo en galau, sementare banyak cowok ganteng yang ngantri mau jadi pacar kau. Liat amb kak Andre udah ganteng, pintar, lulusan terbaik gi. Udah gian pacaran same cewek terpintar di angkatannya. Ayo amb move on.Galau pun bukan Bobby bise jadi milik kau gi. Aku sarankan ye, buka kembali otak kau nan, buang jauh – jauh Bobby. Lama – lama aku yang kesal denger tentang cowok tu“ Mia bernasihat panjang lebar.

Caca terdiam. Sampai pelajaran berakhir, entah ada angin apa, kali ini dia udah ngerasa terbuka otaknya.
“Sinta benar, aku da mungkin terus – terusan menyesali dan menginginkan waktu kembali lagi. Begitu banyak, bahkan ribuan menit dan detik aku habiskan untuk memikirkan Bobby yang bahkan aku pun da pernah tau kabarnye lagi. Aku udah bosan dengan semue kegalauan ni. Aku udah bosan bertahan dengan semue sakit hatin ni. Lama – lama bise tua dari umur ku kalo sedih terus. Mia dan Sinta benar. Hidup ku masih panjang. Mungkin Bobby salah satu orang yang dititipkan sebentar untuk memberi warna di hidup ku. Aku harus berhenti galau.” Caca berfikir keras didalam hatinya.

Malamnya Caca membuang semua yang berhubungan dengan Bobby. Semua kontak dan barang – barang yang membuat dia ingat sama Bobby. Semua foto – foto dia sama Bobby, dia hapus permanent dari semua gadgetnya. Tak terkecuali semua foto print out yang tertempel di dinding kamarnya. SEMUA. Semua kenangan liburan di Sukadana, foto – foto pas ulang tahun Caca Bobby kasih surprise, dan yang paling nyakitin, foto – foto Bobby bersama Caca, Kak Andre, pacarnya kak Andre, Mama, dan Papa. Semakin Caca melihat foto – foto itu semakin nyeri di hati Caca. Dia sangat menyadari, bahkan sesadar – sadarnya. Bobby tetap tersimpan dihatinya, entah sampai kapan. Tapi semakin yakin juga Caca tau bahwa semuanya tidak akan kembali, seperti kata Sinta, Caca harus bisa mengatasi sakit hatinya.

Setelah semua barang – barang itu terkunci rapat di peti, Caca memasukkan peti itu ke gudang. Caca membuka laptopnya lagi, membuka semua catatannya selama setahun. Caca membuka document baru, disana ia mengetik.
“Jika aku menyayangimu, itu bukan sepenuhnya salahmu. Tapi itu salahku yang tak pernah mengerti bahwa waktu bisa merubah segalanya. Jika aku tetap menyayangimu, itu juga bukan sepenuhnya salahmu, itu hanya salahku yang tak bisa mengerti keadaan. Hanya saja, ternyata waktu kemudia mampu membuatku mengerti keadaan. Beribu waktu, menit, jam, bahkan tak terhitung hari kuhahabiskan pikiran dan sedihku untuk mencintaimu. Aku tak pernah berhenti, hanya saja aku beristirahat , mencoba lebih memahami waktu.“

Even you are not be the part of me anymore, I am the lucky one that had have you in my life. I have to move on even my heart stil doesn’t understand what my mind’s sugestion. You are the colors of my life that gave me a pain part and beautiful part. Thats why I have to move on. 

Caca turn off laptopnya, mencoba memejamkan mata. Berharap besok akan ada waktu untuknya menebus kembali waktu yang terbuang.


Penulis : Lorensius Alfian Syarai
Twitter : http://twitter.com/Bilaalfian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar